Aspek Peningkatan Manajemen |
Aspek Peningkatan Manajemen Sekolah : - Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi sekolah.
- Melakukan persiapan dan penyempurnaan pembuatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Menyempurnakan pembuatan Silabus dan RPP dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Mempersiapkan perangkat-perangkat penunjang dan Pedoman Sistem Penilaian dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Mengadakan pembekalan kecakapan hidup (Life Skill), yang nantinya dapat dilaksanakan dengan baik.
|
Aspek Pengembangan Fasilitas |
Aspek Pengembangan Fasilitas / Sarana Prasarana : - Pengembangan Multimedia dan software untuk pembelajaran dengan mengaktifkan komputerisasi, CD pembelajaran, membuat situs (Home Page) dalam internet serta membuat “Jaringan Informasi Sekolah “(JIS).
- Peningkatan pendayagunaan laboratorium IPA (Fisika, Kimia dan Biologi).
- Mengupayakan pengadaan Laboratorium Bahasa.
- Peningkatan pengupayaan perpustakaan sekolah sebaga sumber belajar melalu pembenahan tata ruang dan pengadaan serta pembaharuan buku-buku perpustakaan.
- Peningkatan sistem pendataan identifikasi siswa secara komputerisasi.
- Menyediakan fasilitas (alat, bahan dan sarana) untuk menunjang ekstrakurikuler atau kegiatan yang menunjang peningkatan mutu pendidikan Berbasis Kompetensi dan Life Skill.
- Menyedikan fasilitas ruang belajar / menambah kelas untuk sarana proses belajar.
- Menyediakan dan mengoptimalkan ruangan konseling.
|
Aspek Pembina Kesiswaan : - Pembinaan imtaq melalui siraman rohani, Pesantren/Pembinaan Suara Hati, peringatan hari-hari besar agama, lomba-lomba keagamaan dan kunjungan-kunjungan keagamaan
- Mengadakan pelayanan konseling untuk siswa
- Membentuk kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung Kompetensi dan Life Skill siswa sebagai ajang pembinaan menyalurkan bakat dan minat serta ketrampilannya dengan membuat program, melaksanakan program, menyediakan sarana dan pelatihan yang sesuai dengan bidangnya.
- Mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang-bidang Penelitian Ilmiah Remaja (PIR), Olimpyade MIPA (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi), Komputerisasi, bahasa seni, olahraga, social, keagamaan dan lain-lain.
- Pembinaan organisasi siswa melalui pembentukan pengurus, penyusunan program kerja, seminar dan studi banding kesiswaan.
- Mendata alumni yang meneruskan ke Perguruan Tinggi atau yang sudah bekerja.
|
Aspek Pengembangan Kurikulum |
Aspek Pengembangan Kurikulum : - Sosialisasi internal Pedoman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan pembekalan Kecakapan Hidup (Life Skill) kepada warga sekolah (Guru, TU, Laboran, Pustakawan dan Komite Sekolah).
- Workshop penyusunan Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Life Skill untuk guru mata pelajaran.
- Worksohp penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Penyususnan perangkat pendukung pembelajaran, bahan ajar dan pedoman penilaian pada pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Mengadakan IHT pengembangan model-model pembelajaran inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa dan guru.
- Memfasilitasi kegiatan MGMP dan MKKS demi meningkatkan kompetensi dan professional guru.
- Mengadakan workshop peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan bahan ajar dengan berbasiskan TIK.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar