Selamat datang di blog AFRITA

Kamis, 12 Januari 2012

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran

BAB III

A.      Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran



Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu (1) Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.(2) Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.

Disinilah peran dan fungsi teknologi informasi untuk menghilangkan

berkembangnya sel dua, tiga dan empat berkembang di banyak institusi pendidikan yaitu dengan cara:(1) Meminimalisir kelemahan internal dengan mengadakan perkenalan teknologi informasi global dengan alat teknologi informasi itu sendiri (radio, televisi, computer )(2) Mengembangkan teknologi informasi menjangkau seluruh daerah dengan teknologi informasi itu sendiri (Wireless Network connection, LAN ), dan (3) Pengembangan warga institusi pendidikan menjadi masyarakat berbasis teknologi informasi agar dapat terdampingan dengan teknologi informasi melalui alat-alat teknologi informasi.


Peran dan fungsi teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, yaitu dalam manajemen dunia pendidikan, berdasar studi tentang tujuan pemanfaatan TI di dunia pendidikan terkemuka di Amerika, Alavi dan Gallupe (2003) menemukan beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu (1) memperbaiki


competitive positioning; (2) meningkatkan brand image; (3) meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran; (4) meningkatkan kepuasan siswa; (5) meningkatkan pendapatan; (6) memperluas basis siswa; (7)


meningkatkan kualitas pelayanan; (8)mengurangi biaya operasi; dan (9) mengembangkan produk dan layanan baru. Karenanya, tidak mengherankan jika saat ini banyak institusi pendidikan di Indonesia yang berlombalomba berinvestasi dalam bidang TI untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu untuk memenangkan pendidikan yang bermutu maka disolusikan untuk memposisikan institusi pendidikan pada sel satu yaitu lingkungan peluang yang menguntungkan dan kekuatan internal yang kuat.

peranan teknologi informasi dalam sistem pembelajaran
Posted by mmsomantri Feb
18
2010

Menarik mengikuti perkembangan teknologi dewasa ini.
 Harga — beragamnya produk teknologi memunculkan efek persaingan dalam masalah harga, dari satu sisi ini teknologi ini sekarang menjadi murah dan terjangkau harganya. Dari sisi layanan, teknologi ini telah melahirkan varietas yang beragam, semakin spesifik dan semakin sesuai dengan tuntutan kebutuhan penggunanya.
 Teknologi pun sudah merembes/meresap ke berbagai aspek. Dalam tulisan ini akan coba dibahas tentang aspek pembelajaran yang telah dipengaruhi teknologi.

Yang menjadi pertanyaan awal adalah kenapa proses pembelajaran membutuhkan teknologi?

untuk menjawab ini bisa dilihat ditulisan saya tentang <<< C Generation >>>

Setelah tahu bahwa teknologi itu adalah menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran, pertanyaan berikutnya adalah Teknologi apa saja yang bisa sangat berpengaruh dalam sistem pembelajaran?

Dari sisi teknologi hardware, banyak alat yang sekarang menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Komputer adalah salah satu alat utama dalam dunia pembelajaran. Komputer bukan hanya alat untuk mahasiswa yang kuliah di bidang komputer dan teknologinya, namun komputer sekarang telah menjadi alat untuk semua mahasiswa di bidang apapun. Peralatan perangkat keras lain adalah alat-alat yang lebih spesifik dengan bidang masing-masing, semua alat yang diperlukan di laboratorim sekarang sudah ‘dipengaruhi’ komputer.

Dari sisi software (perangkat lunak) — software telah menjelma menjadi sebuah model pembelajaran yang sangat efisien. Model-model simulasi laboratorium bisa disimulasikan dengan software. Misalnya proses campuran beberapa bahan kimia bisa dimodelkan dengan hanya menggunakan software. Kalo hanya untuk melihat proses perubahan kimia akibat campuran beberapa bahan tidak perlu menggunakan bahan sebenarnya yang mungkin menjadi lebih mahal. dengan model simulasi software pembelajaran ini menjadi sangat efisien.

Dari sisi Jaringan — munculnya model jejaring sosial menjadi sebuah media yang sangat efektif untuk membuka ruang pembelajaran. Pembelajaran sudah tidak lagi hanya di ruang kelas, dengan model jejaring seperti facebook, twitter dll bisa digunakan untuk ruang diskusi dan kuliah. paduan software dan jaringan juga telah mendukung untuk pengembangan sistem kuliah online yang dikembangkan untuk pembelajaran di dunia maya.


B. Tujuan Mempelajari TIK
 Diposkan oleh Yenni Maharany, Pend. Fisika 2007 Unsri , , Kamis, 11 Maret 2010 07:22



Tidak diragukan lagi peran TIK dalam berbagai aspek kehidupan. Hampir semua bidang mengaplikasikan TIK dalam setiap penyelesaian masalah. Untuk itu agar dapat menjalankan sistem atau operasi TIK dengan baik, diperlukan tenaga operasional yang handal dalam mengontrol sistem kerja peralatan TIK tersebut. Hal inilah yang mendasari pentingnya mempelajari TIK. Perlu diketahui bahwa TIK memiliki dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.



Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.

2. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.

3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.

4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.

5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.


A.Peranan TIK dalam bidang Pendidikan

1. Berbagai hasil penelitian menunjukkan dengan adanya TIK penelitian yang dilakukan seseorang dapat dimanfaatkan dan diketahui orang lain,ini juga akan mencegah terjadinya penelitian yang serupa.
 2. Konsultasi dengan Pakar : Internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi
 dengan pakar yang berada ditempat lain

3. Perpustakaan Online : adalah perpustakaan dalam bentuk digital yanmg ditempatkan di Internet. Pelajar atau mahasiswa dapat mengakses sumber- sumber ilmu dengan cara mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu.
 4. Diskusi Online : adalah diskusi yang dilakukan di internet
 5. Kelas Online :dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh
 seperti UT,SMP Terbuka
 Keuntungan peserta didik dari pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 1.Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
 2.Akses sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah
 3.Akses ke para ahli menjadi lebih mudah
 4.Materi-materi pelajaran disampaikan secara interaktif dan menarik
 5.Melalui belajar jarak jauh kendala biaya dan waktu dapat dibatasi dengan kelas
 online
 Keuntungan Lembaga penyelenggara dengan adanya TIK

 1.dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga atau institusi lain
 2.dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada peserta didik
 3.dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain
 4.Biaya menyediakan buku-buku dapat dikurangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar